Ada yang DARURAT & ke-BENCANA-an kontak (CC) 112

Tongkat Ch (bertopi) Kasatgas linmas Karah.
KIM Karajuku - Karah, saya tertegun membaca berita berikut dari layar telepon pintar saya. Sebuah kiriman informasi dari salah satu rekan di kecamatan Jambangan siang itu. (18/1/2020).

Tertulis seperti dibawah ini :
Penemuan Jenazah,
Tangal : 18 Januari 2020.
Waktu Open Ticket : 13:15:54 WIB.
No Telepon : -
No Telepon 2 : -
Nama Pelapor : Kasatgas Kebonsari
Jenis Kejadian : Penemuan Jenazah.
Lokasi : Jl. Kebonsari (SMP/SMA A*-***ma*) Kebonsari, Kec. Jambangan, Kota SBY, Jawa Timur 60233, Indonesia.
Deskripsi : Adanya penemuan jenazah jenis kelamin laki-laki.
Response Time : -
Waktu Close Ticket : Belum selesai ditangani.
Poster (Pos terpadu) Selatan.
Kepolisian.
Dinsos.
Dan respon cepat langsung dilakukan.
Tidak sampai dua jam kemudian, evakuasi jenazah sudah berhasil dilaksanakan oleh jajaran terkait.

Aiptu Mujianto (Bh. Jambangan) saat bertugas.
Beda lagi dengan unggahan di WhatsApp Group lokal bernama Cangkru'an Warga Karah. Saya masih ingat kala itu siang hari (14/01/2020). Beritanya ada seorang anak ditemukan berjalan kaki di seputaran jalan raya Jambangan. Data lengkapnya dari Bhabinkamtibmas kelurahan Jambangan adalah sebagai berikut :

Assalamualaikum, Wr, Wb
Selamat pagi Komandan mohon ijin melaporkan pada :
a. Hari : Sabtu.
b. Tgl. : 04-01-2020.
c. Pukul. : 10.45  WIB.
d. Lokasi : Karah no. 210 Surabaya.
Telah dilaksanakan 7 Program Prioritas Kapolri, Nomor 2 Pemantapan Harkamtibmas yaitu upaya preventif  / deteksi dini, Bhabinkamtibmas kel. Jambangan Aiptu Mujianto menemukan anak kecil an. M. Iqbal Maulana umur ±10 tahun di jalan Jambangan arah Sepanjang Sidoarjo.

Dia berjalan kaki sendirian, setelah ditanya Bhabin si anak bingung mau pulang. Kemudian  anak diantar pulang. Akhirnya dia menunjukkan rumahnya dan berhasil  dipertemukan dengan ibunya an./Yuli. Bhabin memberikan himbauan kepada orang tuanya agar lebih waspada dan berhati-hati. Wajib mengantisipasi penculikan dan kejahatan jalanan. Segera lapor apabila ada hal-hal yang mencurigakan ke Bhabinkamtibmas atau Polsek terdekat.
Alhamdulillah Kamtibmas seputaran terpantau kondisif.
# Jogo Suroboyo.
# Jaga persatuan dan kesatuan menuju Indonesia  maju.
dump (demikian untuk menjadi perhatian)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Informasi penting ketiga yang juga sempat beberapa hari jadi berita di WAG lokal  kecamatan JC. Jambangan Community (25/1/2020). Adalah sebagai berikut :
SEKILAS INFO DARI BAWAH TOL ARAH AL AKBAR.
Assalamu'alaikum wr. wb. Selamat sore Komandan.
Mohon ijin menginformasikan. Bahwasanya malam ini kami akan melakukan pemasangan pipe crossing Jalan raya Pagesangan dgn metode open cut (penggalian). Dimulai dari sisi rel KAI sampai ke dalam rumija (ruang milik jalan) TOL Surabaya - Malang.
Pelaksanaan pekerjaan akan dimulai pada pukul 22.00 s/d 05.00 WIB.

Dengan menutup ruas utama Jalan Pagesangan gang II. Setelah pekerjaan selesai, akan dilakukan penimbunan bagian permukaan tanah diatas pipa yang sudah tertanam. Setelahnya jalan utama akan dibuka kembali seperti biasa. Demikian informasi yang kami sampaikan, mohon maaf untuk ketidaknyamanannya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Salam.

Apakah kepentingan kelompok informasi masyarakat dengan semua berita diatas? Jawabnya ada dua, pertama "TIDAK ADA KEPENTINGAN DAN DIABAIKAN SAJA". Apriori  dan acuh tak acuh. Kedua, INI ADALAH INFO PENTING DAN "HARUS DISAMPAIKAN" kepada publik. Minimal kepada warga disekitar kita. Sehingga memudahkan siapa saja yang membutuhkan & terkait dengan Informasi diatas.

Maksimal kita bisa menolong banyak orang dengan menyebarkan berita benar. Sedikit namun bermanfaat. Kelebihan lainnya adalah meminimalisir berita bohong (hoaks). Atau berita tak sempurna, disebabkan bagian penting berita sengaja dihilangkan (disinformasi). Efek dari tersebarnya BERITA BAIK DAN BENAR, kita dan warga bisa merasakan kenyamanan. Bukan sebaliknya menimbulkan kerisauan/was-was/galau tetangga dan masyarakat umum.

Ada banyak cara mendapatkan berita yang baik dan benar. Apakah resepnya? Mudah saja, anda harus sering-sering cek dan ricek. Selalu lakukan untuk berita apapun yang masuk ke gawai (gadget/smartphone) kita. Dalam group WhatsApp (WAG) yang kita miliki, pasti ada admin/orang yang cukup paham akan situasi terkini. Pada personil itulah kita banyak berharap.

Pemerintah kota Surabaya melalui Diskominfo sudah mendorong terbentuknya Kelompok Informasi Masyarakat (baca KIM) di tiap-tiap kelurahan dalam wilayah kota Surabaya. Salah satu fungsi KIM menjadi jembatan komunikasi dan informasi dari pemerintah ke masyarakat, ataupun sebaliknya.

Kedua, di tiap kelurahan Pemerintah kota Surabaya memiliki Kasatgaslinmas (Kepala Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat) untuk membantu masyarakat. Mereka dilengkapi dengan alkom (alat komunikasi HT), dan akses khusus untuk langsung berhubungan dengan jajaran penting Pemkot Surabaya.

Ketiga jajaran Kepolisian Resort kota besar Surabaya (Polrestabes), juga sudah menugaskan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di tiap kelurahan. Juga didukung apps. Jogo Surabaya. Sementara dari TNI AD juga ada Babinsa, yang siap membantu masyarakat. Semua elemen tadi harus bisa kita manfaatkan dengan maksimal.

Kadang netizen (masyarakat pengguna internet/dunia maya/anggota WA group) dengan maksud baik ingin memberikan informasi kepada kelompoknya. Namun karena tidak hati-hati (tanpa cek & ricek), aktivitasnya malahan menyebarkan INFO TIDAK JELAS. Nah, disinilah tanpa disadari kita sudah menjadi agen BERITA HOAKS (PALSU/BOHONG). Efeknya kenyamanan publik terganggu, padahal maksud kita tidaklah demikian.

Mari mulai sekarang kita STOP BERITA TIDAK JELAS, "HANYA" SAMPAI DINKITA. Selanjutnya anda  harus melakukan hal ini. "Jika ditempat tinggal kita ada kejanggalan/kejadian yang tidak biasa. Dan kejadian itu memenuhi unsur KEDARURATAN contoh kecelakaan lalulintas, perkelahian antar warga, warga sakit tak mampu maupun menemukan kelompok penikmat miras dan pemakaian narkoba di lingkungan sekitar kita.

Atau memenuhi unsur KEBENCANAAN contohnya, kebakaran, banjir, pohon tumbang ataupun bangunan roboh. DIMOHON untuk menghubungi :
COMMAND CENTER KOTA SURABAYA, melalui jaringan telpon rumah maupun handphone ke nomor : 112.

Atau bisa mengabarkan informasi yang memenuhi unsur kebencanaan dan kedaruratan tadi kepada nomor dan personil dibawah ini :

(per wilayah kelurahan di lingkungan kecamatan Jambangan)

Kel. Karah :
Kasatgaslinmas : Tongat Ch.
(0813-3132-6022)
Bhabinkamtibmas : Aiptu Suroyo. (0812-8750-5830)
Babinsa : Serda Suraji. (081330171316)

Kel. Jambangan.
Kasatgaslinmas : Wahyu Wicaksono.
(0899-3852-063)
Bhabinkamtibmas : Aiptu Mujianto. (083854501860)
Babinsa : Serma Rasad. (081330299471/081931089880)

Kel.  Kebonsari.
Kasatgaslinmas : Supriyono (Sadad)
(0877-5429-2828)
Bhabinkamtibmas :  Aipda Supriyanto (081382095911)
Babinsa : Serka Usmardi. (081330533839)
Babinsa : Serda Edy Margono. (081358063145)

Kel. Pagesangan :
Kasatgaslinmas : Agus Kurniawan.
(0813-3907-7615)
Bhabinkamtibmas : Aipda Agus Budiyono. (0813-2526-8009)
Babinsa : Serda Ahmad. (0812427117700)

(Info dari berbagai sumber, disarikan oleh Cak Boni Surabaya untuk KIM Karajuku Karah dan pegiat KIM di Surabaya)

Komentar