Karah ODP 2 orang per 23 Maret 2020

Ajakan memakai masker kepada warga.
Karajuku - Karah, Alhamdulillah akhirnya Pemkot Surabaya mengumumkan peta sebaran kasus Covid-19. M. Fikser pembina struktural Kelompok Informasi Masyarakat kota Surabaya, menyampaikan peta sebaran akan diunggah melalui link https://lawancovid-19.surabaya.go.id/ Bukan hanya berisi peta sebaran, ada banyak konten tentang Covid-19. Termasuk deteksi dini untuk pribadi, daftar puskesmas/rumah sakit serta cara sederhana meminimalisir penyebaran virus Corona yang bisa dilakukan warga.

Pak Fikser panggilan akrab Kepala Dinas Kominfo kota Surabaya, menjelaskan peta ini akan menunjukkan posisi pasien sampai di tingkat kelurahan. Mekanismenya, jam 16.00 adalah pengumuman tingkat nasional, lalu tepat 17.00 di tingkat propinsi dan terakhir setiap pukul 18.00 barusan dipublikasikan di tingkat kota / kabupaten. Untuk pemutahiran data diatas pukul 18.00, akan dilaporkan pada esok harinya, tegas mantan Kabag Humas Surabaya.

Peta sebaran pasien positif, PDP & PDP.
Peta warna-warni ini, berisi tentang klasifikasi pasien. Terkonfirmasi positif Corona, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP). Termasuk posisi pasiennya hingga di level kelurahan. Upaya itu dilakukan Pemkot Surabaya untuk memberikan edukasi kepada warga terkait peningkatan kewaspadaan terhadap virus corona atau Covid-19. Media daring atau online dipilih agar diakses lebih mudah oleh warga dan menghindari tatap muka.

"Bukan untuk apa-apa, tapi bagaimana kita bisa lebih waspada tentang penyebaran yang sekarang terjadi," harap pria lulusan STPDN ini. Upaya pencegahan penyebaran virus corona memang harus terus ditingkatkan, dan menjadi tanggungjawab bukan hanya pihak pemerintah, pun melibatkan peran aktif masyarakat. 

Tanggapan warga Karah sendiri terlihat beragam. Pantauan kami di WhatsApp Group Cangkrukan Karah, beberapa warga menanyakan siapa ya kira-kira orangnya? Alamatnya dimana? Karena tidak ada jawaban dari sesama anggota. Maka pertanyaan-pertanyaan tadi hanya berlalu begitu saja.

Sebelum pengumuman adanya 2 warganya ODP,  Lurah Karah Ali Pranoto sejak pagi terlihat berkeliling melaksanakan penyemprotan desinfektan.  Meskipun persediaannya terbatas, namun hampir seluruh wilayah Karah sudah disemprot. Khususnya tempat publik seperti sekolah, Mushola dan Masjid.

Tidak tinggal diam, karang taruna kelurahan Karah juga ikut pro-aktif. Seperti disampaikan oleh Mainun, Ketua Karang Taruna Bung Tomo.  Kartar bersama para Ketua RW serta satgas kelurahan dipimpin Lurah, melakukan penyemprotan desinfektan sejak tiga hari lalu. Selain itu, kami juga melakukan pengecekan suhu tubuh  dan memberikan hand sanitizer gratis bagi warga yang membutuhkan. (cak Boni)

Komentar